Saturday, May 3, 2014

CARA MENYEMBUNYIKAN FILE MELALUI GAMBAR

CARA MENYEMBUNYIKAN FILE MELALUI GAMBAR
Cara Menyembunyikan File Di dalam Gambar. Pernahkah kamu merasa tidak aman akan keberadaan file/data anda? Apalagi file tersebut disimpan pada satu komputer yang dipakai secara bersama-sama. Khawatir akan file rahasia yang anda simpan akan di lihat orang atau diambil orang. Banyak cara untuk menjaga keamanan file yang anda punya, salah satunya menggunakan aplikasi proteksi yang banyak ditemukan di internet. Namun, kali ini saya mempunyai cara yang unik dan ampuh untuk menyembunyikan file/data rahasia anda, dengan cara memanipulasi seakan file anda berada di dalam sebuah file yang berformat gambar (.jpeg, .gif, .png, Dll). Sesuai dengan penjelasan diatas kita berikan judul artikel ini Menyembunyikan File Di dalam Gambar.

1. Nah untuk langkah pertama yang akan kita lakukan adalah menampilkan semua ekstensi file *. pada windows dengan cara menyetting konfigurasi Folder Option (Seperti terlihat pada gambar).

Pada Tab View - Hilangkan tanda centang pada Hide extensions for known files type, kemudian kelik  (Lihat gambar dibawah ini)

2. Siapkan file gambar anda dengan format extensi file gambar seperti jpg, png, gif (Pilih salah satu) dan siapkan file rahasia anda dengan ektensi apa saja (Bebas). Untuk lebih mudah untuk memahaminya, disini saya mengambil contoh : untuk file rahasia, saya beri nama "Rahasia.exe" dan untuk file gambarnya saya beri nama "gambar.jpg". Kemudian jangan lupa untuk meletakan file rahasia dan file gambar dalam satu folder yang sama.

3. Langkah selanjutnya klik kanan pada "Rahasia.exe" lalu pilih menu Add to "Rahasia.rar", yang berarti kita membuat file baru dengan extensi .rar.

Terlihat File Baru dengan format .rar

4. Setelah itu kita akan membuat script untuk menyembunyikan file rahasia tersebut kedalam gambar. Sekarang buka aplikasi notepad bawaan windows dengan cara klik run > ketik NOTEPAD. Lalu ketiikan/copy script berikut ini :

@echo off
ren Rahasia.rar Rahasia.exe.rar
copy /b gambar.jpg+Rahasia.exe.rar hasil.gif
del Rahasia.exe
del Rahasia.exe.rar
del gambar.jpg
del hide.bat


Catatan : Penamaan File & gambar Harus Sama dengan script yang anda buat.

Setelah itu save as script tersebut dan beri nama rahasia.bat, Setelah itu eksekusi (run) file bat tersebut dengan cara klik 2 kali pada file bat tersebut.File telah berhasil kita sembunyikan didalam gambar. Nah, untuk mengambil kembali file yang kita sembunyikan caranya dengan mengekstraknya kembali file tersebut, dengan cara klik kanan pada gambar, pilih ekstrak files, seperti file .rar pada umumnya, setelah itu file sudah dapat ditemukan kembali.

Selesai untuk artikel CaravMenyembunyikan File Di dalam Gambar dan mudah-mudahan sangat berguna yah. Terima Kasih.




Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: